Islam @Oprah

Mei 11, 2006 at 8:08 am (Polemik)

(1)

Saya kebetulan nonton acara Oprah pas tema itu, maklum, saya penggemar berat Oprah. Pada saat acara Oprah berlangsung, biasanya saya menyimaknya dengan kusyuk"šŸ™‚ . Saya kira teman kita "terlalu mendramatisir"pernyataan warga AS tersebut. Wong, dia cuma bilang dengan nada datar dan air muka biasa-bisa saja, kalau model interaksi laki-laki dan perempuan yang diterapkan dalam tradisi Islam (mungkin) bisa menjadi referensi yang lain di tengah berbagai problematika seksual (ex. aborsi, perselingkuhan, kenakalan remaja, dll) yang melanda masyarakat Amerika saat ini. So,tidak ada yang istimewa. Kita saja orang Islam gereandan doyan "mengklaim sesuatu" secara berlebih-lebihan.

Justru yang menarik adalah pertanyaan Oprah dan jawaban yang bersangkutan ketika diskusi tentang "sikap diskriminatif" warga AS terhadap muslim (arab) di Amerika yang kadang tidak proporsional dan cenderung menggeneralisir. Dia misalnya, secara objektif menjelaskan perasaan kebencian yang "gebyah uyah" oleh sebagian besar warga AS (termasuk dirinya) terhadap umat Islam (yang nota bene sebagiannya juga adalah warga negara AS) pada saat mengetahui bahwa yang melakukan peristiwa 11 September itu adalah muslim (arab). Sebuah perasaan kebencian yang sama ternyata tidak terjadi pada peristiwa pemboman di Okhlahoma, yang dilakukan oleh orang Amerika berkulit putih dan non muslim.

Biasa aja lah…

(2)

Yang jelas, acara Oprah dengan tema itu seperti mengafirmasi pendapat yang mengatakan bahwapengetahuan orang Amerika tentang Islam (sebagai "theothers") sangatlah minim (untuk tidak mengatakannya "memprihatinkan"). Maklum saja, mengutip Neil Postman (seorang pakar komunikasi di Amerika), masyarakat Amerika saat ini memang "dikepung oleh budaya TV",sebuah ikon yang sekaligus menjadi media yang sebenarnya sangat tidak cukup representatif menjelaskan berbagai wacana, tak terkecuali wacana tentang agama Islam. Kata Postman, orang Amerika cuma tahu nama Khomenei, tetapi hampir bisa dipastikan tidak tahu atribut-atribut yang menyertai Khomenei,seperti: gelar Ayatullah maknanya apa, hakekat revolusi Islam itu apa, karbala itu simbolisasiperjuangan melawan apa, ideologi Islam (syiah) ituapa, dll. Saya masih ingat betul pernyataan warga AS
itu di depan Oprah waktu dia bilang bahwa dirinya sering menanyakan kepada teman-teman Amerikanya tentang sejumlah tokoh dan lembaga Islam yang dikenal. Mereka rata-rata secara refleks menyebut nama: Osama bin Laden, Saddam Husein, Al-Qaeda….dst, tokoh dan lembaga yang memang identik dengan aktivitasterorismešŸ˜¦ .

Sementara orang Islam sendiri tidak cukup cerdasmensosialisasikan Islam secara tepat pada masyarakatAmerika dalam konteks media. Alih-alih menggunakanmedia sebagai wasilah untuk menjelaskan Islam dengancara yang baik, umat Islam malah dijadikan oleh media sebagai umpan empuk untuk meneguhkan pandangan bahwa Islam identik dengan terorisme.

@HasrulKhalili

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: